Membangun Bersama
Live Help

Framing Mudah Dan Cepat Dengan Bataton

 

 

Sebagai alternatif pembangunan rumah beton dengan cara konvensional, Holcim menawarkan bataton; beton pre-cast yang dapat digunakan untuk membangun rumah dari rangka, dinding, pelat beton, hingga penutup atap secara lengkap dengan sistem pasang yang mudah dan cepat.Pembangunan rumah dengan bataton lebih cepat dari pembangunan dengan cara konvensional karena semua material siapa pasang tanpa harus melalui proses pengecoran yang memakan waktu untuk proses pengeringan. Selain cepat, penggunaan bataton lebih murah karena proses konstruksi yang cepat mengurangi biaya konstruksi. Pembangunan dengan bataton juga ramah lingkungan karena tidak ada sampah konstruksi seperti bekisting.

Terbuat dari bahan beton bermutu tinggi, rangkaian komponen konstruksi bataton terdiri dari:

1. Sistem rangka dan dindingMaterial yang digunakan adalah balok beton yang disebut bataton. Komponennya terdiri dari:

- Bataton USebagai material sloof dan ringbalk, bataton U tersedia dalam ukuran 290 mm x 140 mm x 140 mm atau 140 m x 140 mm x 140 mm. Saat pembuatan sloof atau ringbalk, ceruk di dalam bataton diberi besi tulangan, kemudian dituangkan adukan beton, seperti pembuatan sloof pada umumnya.

- Bataton kolomSebagai material kolom, bataton kolom berukuran 290 mm x 290 mm x 140 mm. Material ini dipasang di sudut-sudut pertemua dinding sebagai tiang pemikul beban. Saat dipasang, material ini dijangkarkan ke pondasi dengan besi tulangan berdiameter 12 mm. Selanjutnya disusun bataton kolom ke atas dengan besi tulangan di dalamnya.Kemudian adukan beton dituangkan ke dalam rongga bataton kolom.

- Bataton HSebagai material dinding dan dinding penahan beban, bataton H tersedia dalam ukuran 290 mm x 140 mm x 140 mm dan 140 mm x 140 mm x 140 mm. Material ini sebagai pengganti batubata atau batako tradisional. Bataton H ini tinggal disusun seperti batubata biasa, direkatkan dengan spesi adukan semen, dan dipasang dengan sisi berlubang di bagian bawah. Di mana diperlukan kolom praktis-misalnya pada sudut pertemuan dinding dan setiap jarak 90 cm-rongga pada bataton H diberi besi tulangan, kemudian diisi dengan adukan beton.

- Bataton rosterMaterial ini berlubang di tengahnya dan berfungsi sebagai ventilasi udara berukuran 290 mm x 140 mm x 140 mm.

2. Sistem Pelat LantaiSistem pelat lantai bataton terdiri dari balok beton bertulang dan ubin beton lengkung.Saat pembuatan dak lantai, balok-balok disusun berjajar dengan jarak 60 cm. Kemudian ubin beton lengkung ditempatkan di atas balok beton.Adukan beton lalu dituang untuk menyatukan material beton pracetak yang telah terpasang, setelah sebelumnya ditambahkan besi tulangan ke arah memanjang dan melintang.

3. Sistem Penutup atapSistem penutup atap bataton berupa genteng berbahan micro concrete roofing (MCR), penutup atap ini berukuran lebih besar dibandingkan genteng biasa, yaitu 500 mm x 250 mm x 10 mm. Dengan ukuran yang besar ini, struktur rangka atap, baik rangka kayu atau baja ringan, terlebih dulu harus disesuaikan.

4. Sistem Kusen Pintu dan KendelaTerbuat dari beton pracetak dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan permintaan, kusen ini tinggal dipasang ke dinding dengan baut dynabolt.Sementara daun pintu dan daun jendelanya dapat terbuat dari kayu atau PVC. Kusen beton ini cocok diletakkan di daerah lembab karena tidak akan lapuk.

 

Sumber:-Holcim: Bataton.


Related Post
Username
Password
Remember Me
Please enter your valid email or username, so we can send your new password correctly.
Email or Username

Username must be filled

Display name must be filled

Email name must be filled

Password must be filled

Confirm password must be filled
17 + 14 = ? (write the answer below)

Captcha must be filled
Apakah Anda bersedia menerima newsletter?
Register success, one step again to be the holcimers, please check your email :)